Cara Pemberian Takaran Kaporit yang Tepat Pada Kolam Renang

Salah satu chemical kolam renang yang paling familiar adalah kaporit. Kami akan membagikan informasi lengkapnya mengenai cara pemberian kaporit pada kolam renang sehingga anda yang tidak sampai salah memberikan takaran kaporit pada kolam renang anda.

Apabila terlalu sedikit dan terlalu banyak maka tidak bisa berfungsi maksimal untuk kolam renang anda bukan? Simak informasi lengkapnya di bawah ini:

 

Waktu Pemberian Kaporit Pada Kolam Renang

Sebelum membahas informasi mengenai takaran kaporit kolam renang, kami akan memberikan informasi mengenai kegunaan dari kaporit.

Kaporit merupakan salah satu chemical atau obat kimia yang sangat berguna untuk kolam renang. Kaporit atau Ca(ClO)2 berguna untuk membasmi bakteri patogen yang terdapat pada air kolam renang, membantu membuat pH di batas ideal yaitu di rentang 7,2 hingga 7,6 serta membantu menjernihkan air kolam renang.

Sedangkan kapan waktu pemberian kaporit pada kolam renang yang tepat? Cek di sini:

1.      Saat kadar chlorin air kolam renang sudah berkurang

Kaporit merupakan chemical yang harus anda tambahkan ketika kadar chlorin pada air kolam renang anda sudah berkurang. Sebenarnya dalam poin ini pengecekan kadar chlorin, membutuhkan alat bernama test kit.

Dengan menggunakan ini kita bisa tahu berapa kadar pH dan chlorin pada kolam renang. Untuk kadar chlorin yang ideal adalah 1 – 1,5 ppm. Apabila kadarnya di bawah itu maka anda bisa menggunakan kaporit sedikit demi sedikit.

Anda juga bisa melakukan pengecekan menggunakan test kit hingga kadar chlorin pada air kolam renang anda mencapai batas ideal yang tadi kami sudah sebutkan.

2.      Saat melakukan penambahan air

Penambahan air bisa dari air sumur atau karena hujan, terutama apabila kolam renang adalah kolam renang outdoor. Penambahan air terlalu banyak ke kolam renang dapat menyebabkan perubahan warna dan perubahan kadar chlorin.

Supaya terhindar dari itu, ketika kolam renang dilakukan penambahan air maka anda bisa langsung menambahkan kaporit saja ya.

3.      Saat terjadi perubahan warna air

Perubahan warna air pada air kolam ini bisa disebabkan karena beberapa hal. Seperti karena hujan, karena adanya lumut, dan lain-lain. Salah satu mengatasinya adalah dengan menambahkan kaporit ke dalam air kolam.

4.      Saat kolam renang memiliki banyak aktivitas

Pemberian kaporit pada kolam renang juga bisa anda lakukan ketika anda merasa kolam renang memiliki banyak aktivitas. Ketika membuat kolam renang pasti tujuan kita adalah kolam renang digunakan untuk bersenang-senang bersama keluarga.

Banyaknya pengguna kolam renang dan aktivitas yang dilakukan di kolam renang, bisa menyebabkan banyak kuman menumpuk di air kolam renang. Oleh karena itu untuk membasmi bakteri atau kuman, maka anda bisa memberikan kaporit ke dalam air kolam renang.

5.      Saat lantai dan dinding kolam renang sudah licin

Waktu yang tepat untuk menambah kaporit ke dalam air kolam renang anda adalah ketika lantai dan dinding kolam renang sudah licin. Tentu saja apabila lantai dasar kolam renang licin bisa berbahaya bagi perenang terutama anak-anak kecil.

Lantai dasar kolam renang dan dinding kolam renang yang licin biasanya disebabkan karena tumbuhnya lumut. Terutama jika musim hujan tiba. Sebelum kolam renang bertambah licin dan merusak kolam maka anda bisa segera menambahkan kaporit saja.

 

Cara Pakai Kaporit Kolam Renang yang Tepat

Untuk takaran kaporit kolam renang yang ideal adalah ½ kg sampai 1 kg sesuai dengan kubikasi dan ukuran kolam renang pribadi anda. Kemudian untuk pemberiannya bisa dilakukan treatment rutin setidaknya dua kali dalam satu minggu.

Untuk cara pakai kaporit kolam renang ini sangatlah mudah, anda bisa melarutkan dulu ke dalam wadah atau bisa langsung menaburkan kaporit ke dalam kolam renang sesuai dengan takaran yang sudah kami informasikan tadi.

Sekarang anda tahu berapa takaran kaporit kolam renang, apabila masih ada yang ingin ditanyakan maka bisa langsung menghubungi Raga Pool di nomor berikut ini 081230586662. Raga Pool adalah kontraktor kolam renang terbaik yang melayani jasa perawatan rutin kolam renang di seluruh Indonesia. Semoga apa yang kami sampaikan mengenai cara pakai kaporit kolam renang dapat membantu anda.

 

Temukan Jasa Perawatan Kolam Renang Raga Pool pada Google Maps:

 

Baca juga: 5 Jenis Obat Chemical Kolam Renang yang Umum Digunakan dan 9 Cara Menjernihkan Air Kolam Renang yang Berwarna Hijau