9 Cara Menjernihkan Air Kolam Renang yang Berwarna Hijau

Kami akan memberikan informasi penting kepada anda mengenai bagaimana cara menjernihkan kolam renang yang hijau. Jika anda memiliki kolam renang di rumah, maka anda harus tahu bagaimana cara membersihkan kolam renang dan merawat kolam renang anda dengan rutin.

Tentu saja kolam renang harus dirawat dengan rutin sehingga air kolam renang bersih dan jernih. Perenang pun jadi nyaman karena bisa berenang di air yang bersih, tidak takut terkena penyakit kulit. Berikut ini adalah cara mengatasi kolam renang hijau yang harus anda ketahui.

 

1.      Membuat kadar pH air kolam stabil

Kondisi air kolam renang dapat berwarna hijau disebabkan karena kadar pH air kolam yang tidak stabil. Jika kondisi pH air kolam renang tidak seimbang atau tidak stabil maka menyebabkan organisme-organisme kecil seperti bakteri atau kuman mudah berkembang biak, sehingga tak heran air kolam renang berubah warna menjadi hijau.

Air kolam renang haruslah memiliki pH yang stabil, pH kolam dikatakan stabil apabila ada di rentang 7,2 hingga 7,6. Apabila berada di atas atau di bawah rentang itu maka anda harus menambahkan obat chemical untuk membuat pH nya menjadi stabil.

Supaya dapat mengetahui kondisi pH kolam renang anda, maka anda harus menggunakan test kit khusus kolam renang. Sehingga bisa menguji tingkat pH dan chlorin di air kolam renang.

 

2.      Mengecek sistem filtrasi dan pemipaan

Air kolam renang yang berwarna hijau juga bisa disebabkan karena air yang terkontaminasi kotoran dan filtrasi yang gagal sehingga kotoran pada kolam tidak bisa tersaring dengan baik. Hal ini biasanya terjadi karena spek kapasitas mesin pompa dan filter yang tidak sesuai dengan ukuran serta volume air kolam renang.

Hal itu akhirnya membuat filter kolam renang jadi tidak berfungsi dengan baik. Oleh karena itu lakukanlah pengecekan sistem filtrasi dan pemipaan kolam renang anda. Mengingat, jumlah dan kapasitas filter haruslah disesuaikan dengan volume air kolam. Jika tidak sesuai, maka anda bisa mengonsultasikannya dengan Raga Pool.

3.      Penggantian pasir silika

Pada tabung filter kolam renang terdapat yang namanya pasir silika. Pasir silika ini bukan pasir sembarangan yang kita temui. Namun pasir khusus yang memang diperuntukkan filter kolam renang.

Pasir silika yang ada pada filter ini berguna untuk memfilter atau menyaring kotoran yang berasal dari sistem sirkulasi air kolam renang. Pasir silika ini berguna untuk menyerap tanah, sedimen, atau lumpur yang masuk dan larut di dalam air kolam renang.

Pasir silika ini tidak bisa digunakan terus-menerus karena pasti fungsinya akan menurun karena dipengaruhi oleh obat chemical yang digunakan di kolam renang. Periode penggunaan pasir silika adalah maksimal 5 tahun. Oleh karena itu pasir silika haruslah diganti secara berkala maksimal 5 tahun sekali.

 

4.      Pemberian chemical khusus kolam renang

Cara menjernihkan kolam renang yang hijau selanjutnya adalah dengan pemberian chemical khusus untuk kolam renang. Dengan memberikan obat chemical dengan takaran tertentu maka bisa membantu membuat air kolam renang menjadi bersih, jernih, dan biru.

Namun pemberian chemical atau obat kimia khusus kolam renang yang tidak tepat sasaran juga bisa menjadi penyebab kolam renang mudah kotor.

Penambahan chemical haruslah diawali dengan pengukuran pH menggunakan test kit seperti yang kita bahas di atas tadi. Pengecekan pH sangat perlu untuk dilakukan, sehingga anda bisa tahu berapa pH kolam renang saat ini dan dapat menyesuaikan pemberian obat dengan kondisi pH air yang dibutuhkan.

Beberapa jenis obat chemical yang berguna mengatasi kolam renang berwarna hijau adalah PAC, Soda Ash, Terusi, Chlorine, dan Kaporit. Dimana obat chemical tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda.

 

5.      Menjaga kebersihan sekitar kolam renang

Salah satu faktor yang menyebabkan kolam renang menjadi kotor dan berubah menjadi warna hijau adalah karena kotoran yang jatuh ke dalam kolam renang seperti ranting atau dedaunan, yang terbang terbawa angin.

Hal ini dapat menyebabkan kolam renang menjadi cepat kotor dan berwarna hijau. Terutama untuk kolam renang outdoor atau kolam renang di luar ruangan. Oleh karena itu sangat penting untuk menjaga kebersihan sekitar kolam renang terutama jika di sekitar kolam renang terdapat tumbuhan atau pohon. Anda perlu melakukan pembersihan sisi-sisi kolam renang secara rutin.

Kemudian jika ada ranting, daun, ataupun sampah lain yang terbawa angin hingga jatuh ke kolam renang maka anda harus segera mengambilnya sehingga tidak sampai membuat kolam renang kotor. Oleh karena itu anda memerlukan alat khusus pembersih kolam renang bernama leaf skimmer atau yang disebut juga dengan penyerok khusus kolam renang.

Untuk membuatnya lebih panjang, anda bisa menggunakan tambahan telescopic handle. Sehingga nantinya bisa menyaring kotoran-kotoran yang ada di bagian tengah kolam renang.

 

6.      Menambah chemical saat musim penghujan

Kemudian faktor cuaca juga dapat mempengaruhi kondisi kolam renang anda. Terutama untuk kolam renang yang berada di luar ruangan atau outdoor.

Pada musim penghujan, maka air kolam renang akan menjadi lebih cepat keruh karena air hujan juga ikut masuk ke dalam kolam renang. Hal ini menyebabkan air kolam renang yang mengandung chemical akan ikut terbuang.

Jadi ketika cuaca penghujan, maka anda perlu menambahkan chemical lebih sering dibandingkan dengan saat cuaca panas. Namun tetap awasi penambahan chemicalnya.

 

7.      Mikroorganisme

Mikroorganisme berupa fitoplankton merupakan salah satu penyebab mengapa air kolam berwarna hijau. Fitoplankton merupakan tumbuhan air dengan ukuran mikro dan hidup melayang di air, termasuk ke dalam keluarga ganggang hijau. Untuk mengatasi mikroorganisme ini maka bisa menggunakan obat chemical seperti menambahkan chlorin.

 

8.      Penambahan air

Anda bisa melakukan penambahan air untuk kolam renang anda yang berwarna hijau. Penambahan air ini bisa dilakukan karena mungkin sebelumnya terjadi penguapan karena sinar matahari. Atau bisa dilakukan untuk menjernihkan kembali air kolam renang. Penambahan air kolam renang ini juga harus dibarengi dengan penambahan obat chemical yang sesuai.

 

9.      Perawatan rutin kolam renang

Cara merawat kolam renang agar tidak berlumut adalah dengan melakukan perawatan rutin kolam renang. Caranya adalah dengan memberikan chemical yang tepat dengan dosis, atau melakukan treatment secara langsung.

Anda juga bisa melakukan pembersihan dengan vacuum setidaknya satu kali dalam seminggu sehingga kolam renang tetap terjaga kebersihan dan jernihnya.

Itulah beberapa hal yang dapat kami sampaikan mengenai cara mengatasi kolam renang hijau dengan mudah. Jika membutuhkan perawatan kolam rutin, maka anda bisa menggunakan jasa dari Raga Pool dengan menghubungi di nomor berikut ini 081230586662.

 

Temukan Jasa Perawatan Kolam Renang Raga Pool pada Google Maps:

 

 

Baca juga: Cara Menjernihkan Air Kolam Renang yang Berwarna Hijau dan 5 Jenis Obat Chemical Kolam Renang yang Umum Digunakan