Cara Maintenance Kolam Renang Sendiri Setelah Treatment Awal

Pada kesempatan ini kami akan membahas mengenai bagaimana cara maintenance kolam renang. Setelah kolam renang selesai proses pemasangan mozaik dan penyetelan pompa dan sirkulasi, maka perlu dilakukan treatment awal.

Supaya kolam renang bisa terawat dan terjaga dengan baik, maka anda harus tahu bagaimana tips melakukan perawatan untuk kolam renang pribadi anda. Oleh karena itu simak informasi lengkapnya di bawah ini:

 

Pentingnya Perawatan Kolam Renang di Rumah

Ketika memiliki kolam renang pribadi di rumah maka anda juga harus tahu bagaimana cara perawatan kolam renang di rumah. Tentu saja sebagai pemilik dan pengguna kolam renang, anda pasti ingin memiliki kolam renang dengan air yang jernih, tanpa masalah, dan sehat bukan?

Hal yang perlu anda ketahui adalah untuk membuat kolam renang dengan air yang jernih maka membutuhkan usaha yang besar. Anda perlu melakukan maintenance kolam renang pribadi dengan rutin untuk menjaga supaya kolam renang tetap dalam kondisi baik.

Kolam renang dikatakan dalam kondisi yang ideal apabila bibir kolam renang, dinding dan dasarnya bersih kemudian air kolam renangnya juga bersih.

Selain itu perawatan kolam renang sendiri juga perlu pada bagian pompa dan filter kolam renang. Pompa serta filter perlu dibersihkan secara rutin sehingga sirkulasi air kolam renang tetaplah lancar.

Filter dan pompa yang tidak pernah dibersihkan dapat membuat air kolam renang menjadi mudah kotor atau berwarna hijau. Selain itu kolam renang perlu dilakukan treatment pertama kali sehingga air menjadi bersih dan bening, setelah itu barulah bisa melakukan maintenance lanjutan.

 

Cara Maintenance Kolam Renang Pribadi

Anda bisa melakukan perawatan kolam renang pribadi dengan mudah, asal anda tahu langkah-langkah dan caranya. Karena masih banyak yang belum tahu mengenai perawatan kolam renang di rumah. Maka berikut ini adalah cara maintenance kolam renang pribadi dengan mudah:

1.      Bersihkan kolam renang lebih dulu

Sebelum anda melakukan tahapan maintenance kolam renang, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah lebih dulu membersihkan kolam renang. Untuk membersihkan air kolam renang, maka anda perlu menggunakan chemical bernama PAC atau (Poly Aluminium Chloride/[Al2(OH)nCl6-n]m (1≤n≤5,m≤10)).

PAC ini bersifat koagulan, sehingga dapat membantu untuk menggumpalkan kotoran-kotoran yang ada di dalam air dan mengendapkannya di dasar kolam renang. Setelah kotoran mengendap maka anda bisa membersihkannya menggunakan vacuum untuk menyedot kotoran di dasar kolam.

Apabila endapan kotoran di kolam renang cukup tebal maka kami menyarankan anda menggunakan vacuum buang saja. Fungsinya hampir sama dengan vacuum biasa. Perbedaanya adalah jika menggunakan vacuum biasa akan masuk ke filter untuk disaring. Sedangkan vacuum buang tidak dialirkan ke filter, melainkan akan langsung dibuang ke saluran pembuangan.

2.      Bersihkan filter kolam renang

Langkah kedua yang perlu anda lakukan adalah dengan membersihkan filter kolam renang. Jika jarang dibersihkan maka filter kolam renang akan mudah rusak. Oleh karena itu selalu rutin dalam membersihkan filter kolam renang sehingga filter dapat berjalan dengan maksimal dan selalu dalam kondisi baik.

3.      Memberikan obat chemical kolam renang

Perawatan selanjutnya adalah jangan sampai lupa untuk memberikan chemical setiap tiga hari sekali. Penggunaan obat chemical atau obat kimia khusus kolam ini harus disesuaikan dengan kondisi kolam renang anda. Oleh karena itu penting untuk mengetahui apa saja jenis chemical dan kegunaannya untuk kolam renang.

4.      Tes kandungan pH dan chlorin kolam renang

Cara perawatan kolam renang sendiri yang keempat adalah melakukan tes kandungan pH dan chlorin pada kolam renang. Anda bisa menggunakan test kit untuk menguji pH dan chlorin pada kolam renang di rumah anda.

Apabila pH menunjukkan angka 7.2 hingga 7.6 maka artinya itu merupakan kondisi yang ideal untuk kolam. Sedangkan kondisi ideal chlorin di tingkat 1 hingga 1.5 ppm.

5.      Menambahkan chlorin

Jika kadar pH dan chlorin sudah ideal maka langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah menambahkan chlorin 90% ke dalam air kolam renang atau balancing tank.

Pemberian chemical chlorin ini berguna untuk menjernihkan air serta membunuh kuman dan bakteri yang ada pada air kolam renang anda. Pemberian chlorin 90% juga harus disesuaikan dengan volume air kolam renang. Jangan sampai terlalu banyak atau terlalu sedikit.

6.      Menyalakan mesin sirkulasi

Sudah selesai menambahkan chlorin? Selanjutnya anda wajib untuk menyalakan mesin sirkulasi minimal 8 jam per hari. Sehingga kolam renang memiliki sirkulasi air yang baik.

Itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara perawatan kolam renang pribadi. Mudah bukan? Apabila anda membutuhkan jasa perawatan kolam renang terpercaya dan profesional, maka bisa langsung hubungi Raga Pool di nomor berikut ini 081230586662. Raga Pool menerima jasa perawatan kolam rutin, renovasi kolam renang, dan pembuatan kolam renang.

 

Temukan Jasa Perawatan Kolam Renang Raga Pool pada Google Maps:

 

Baca juga: Cara Treatment Awal dan Proses Pengendapan Air Kolam Renang dan Anda Harus Tahu Peralatan Kolam Renang yang Wajib Dimiliki