5 Jenis Obat Chemical Kolam Renang yang Umum Digunakan

Kami akan memberikan informasi menarik terkait dengan chemical kolam renang yang umum digunakan. Untuk menciptakan kolam renang yang bersih dan nyaman, maka tentu saja kolam renang harus mendapatkan perawatan secara rutin.

Perawatan air kolam renang salah satunya dilakukan dengan memberikan obat chemical khusus yang bertujuan untuk menjaga kejernihan dan keseimbangan pH air kolam renang. Berikut ini adalah beberapa jenis obat chemical untuk kolam renang yang perlu anda ketahui:

 

PAC Kolam Renang

1.      PAC (Poly Aluminum Chloride)

Ada berbagai macam obat untuk kolam renang yang harus disiapkan sehingga kolam renang terjaga dengan baik pH nya dan juga tetap bersih dan sehat. Yang pertama anda harus ketahui ada obat kolam renang PAC.

PAC atau kepanjangan dari Poly Aluminium Chloride /[Al2(OH)nCl6-n]m (1≤n≤5,m≤10)). PAC sendiri berfungsi sebagai koagulan dalam penjernihan air kolam renang.

Bagi anda yang tidak tahu, koagulan sendiri merupakan suatu zat kimia yang ditambahkan untuk mengikat partikel ataupun kotoran yang terkandung di dalam air sehingga nantinya bisa membentuk gumpalan yang lebih besar dan lebih memudahkan untuk diendapkan.

Ketika kotoran pada air kolam renang sudah mengendap, maka tentu saja akan lebih memudahkan untuk mengangkat kotoran dari dalam air kolam renang. Untuk penambahan obat kolam renang PAC ini, anda bisa melarutkannya dulu ke dalam wadah kemudian menuangkannya di sisi-sisi kolam renang anda.

Obat kolam renang PAC biasanya dimanfaatkan dalam proses permulaan untuk menjernihkan air kolam renang.

 

Soda Ash Kolam Renang

2.      Soda Ash

Obat untuk kolam renang yang selanjutnya adalah Soda Ash. Apakah anda sudah pernah mendengar obat kimia untuk kolam yang satu ini? Soda Ash disebut juga dengan (Natrium karbonat/Na2CO3).

Obat chemical ini memiliki fungsi yang hampir mirip dengan tawas atau PAC yang tadi sudah kita bahas di atas, yaitu untuk membantu untuk mengikat kotoran air kolam renang kemudian mengendapkannya di dasar kolam renang.

Selain itu Soda Ash juga menetralkan efek korosi dan juga membantu untuk menaikkan pH air kolam renang. Dalam pemakaiannya, anda bisa langsung menaburkan Soda Ash ini ke sisi-sisi kolam renang hingga merata.

Atau jika ingin mendapatkan hasil yang lebih maksimal maka anda bisa melarutkan lebih dulu Soda Ash di dalam wadah kemudian menuangkannya ke sisi-sisi kolam renang.

 

Terusi/Trussi/Trusi

3.      Terusi

Chemical kolam renang ketiga yang juga perlu ada untuk membuat kolam renang anda jernih dan bersih adalah Terusi. Terusi (Copper Sulphate/CuSO4) ini tergolong ke dalam garam yang sifatnya asam dan berperan sebagai herbisida, algasida, dan fungisida. Terusi ini merupakan obat yang berfungsi dalam menjernihkan air kolam renang, dan memberikan warna kebiruan pada air kolam renang. Tak hanya dua manfaat itu saja, Terusi juga terbukti menjadi obat kolam renang anti lumut.

Jadi apabila anda ingin memiliki kolam renang yang bebas dari lumut, maka jangan lupa untuk menambahkan Terusi ke dalam kolam renang anda. Terusi ini berbentuk seperti bongkahan atau bubuk berwarna biru.

Untuk penggunaan terusi, anda bisa lebih dulu melarutkannya di dalam wadah untuk mendapatkan air larutannya, kemudian mencampurkan air larutan terusi dengan air kolam renang.

 

Kloring Tablet

4.      Chlorine

Berikutnya, obat kolam untuk kolam renang yang keempat adalah Chlorine atau Cl2 yang berfungsi sebagai desinfektan.

Zat kimia yang satu ini tersedia dalam bentuk padat, cair, maupun gas. Fungsinya sebagai desinfektan yaitu berguna untuk menghambat pertumbuhan dan membasmi berbagai jenis mikroba dan bakteri yang ada di air kolam renang.

Chlorine dijual dalam berbagai jenis di pasaran, dan tentu saja anda harus mengetahui apa saja jenis-jenis dari Chlorine. Di Indonesia sendiri terdapat 3 jenis chlorin, berikut adalah beberapa jenisnya chlorine:

  1. Klorin Bubuk 60%: Merupakan klorin dengan kadar 60% yang berguna untuk menjaga air kolam renang tetap jernih dan berguna untuk menghambat dan membasmi pertumbuhan bakteri di air kolam renang.
  2. Klorin Granul 90%: Merupakan klorin dengan kandungan 90%. Chemical kolam renang ini berbentuk butiran-butiran kecil atau granular. Gunanya adalah untuk meningkatkan kandungan klorin di dalam air dengan cepat.
  3. Klorin Tablet 90%: Merupakan klorin dengan kandungan 90%. Memiliki bentuk tablet, dan fungsinya adalah untuk menjaga kandungan klorin serta pH air sehingga air supaya tetap berada dalam kondisi stabil dan juga ideal. Jenis klorin ini juga digunakan untuk menjaga air tetap biru dan jernih.

Karena terdapat berbagai macam jenis chlorine, maka sebelum menggunakannya untuk kolam renang anda terlebih dulu anda harus mengetahui kebutuhan untuk kolam renang anda sehingga tahu mana jenis chlorine yang sesuai.  

 

Kaporit Powder

5.      Kaporit

Obat untuk kolam renang yang kelima adalah kaporit. Kaporit atau Ca(ClO)2 ini berfungsi untuk membasmi bakteri patogen yang ada di kolam renang dan berguna untuk menjernihkan air kolam renang.

Lalu apa beda kaporit dengan chlorine atau klorin? Perbedaan yang pertama adalah terletak pada harga. Harga dari chlorine lebih mahal dibandingkan dengan kaporit.

Selain itu chlorine juga dapat digunakan untuk membasmi alga atau ganggang, sehingga bisa menjadi obat kolam renang anti lumut sedangkan kaporit tidak.

Dari sisi penggunaan pun juga berbeda, karena kaporit apabila terlalu banyak maka bisa menyebabkan mata perenang menjadi pedas. Itulah beberapa perbedaan dari kaporit dan chlorine.

Jika anda ingin membuat air kolam renang menjadi jernih, dan sehat maka anda harus menggunakan 5 jenis chemical kolam renang yang tadi sudah kami sebutkan ya. Apabila anda ingin membuat kolam renang atau renovasi kolam renang maka bisa hubungi Raga Pool di nomor ini 081230586662.

 

Temukan Jasa Perawatan Kolam Renang Raga Pool pada Google Maps:

 

Baca juga: Jasa Perawatan Kolam Renang Jakarta Terpercaya Harga Murah dan Jasa Perbaikan dan Service Kolam Renang Bocor di Jogja