Empat Cara Merawat Kolam Renang yang Baik Agar Tetap Jernih

Memiliki kolam renang sendiri di rumah? Kami akan memberikan informasi penting mengenai cara merawat kolam renang agar tetap jernih.

Banyak sekali orang yang memiliki kolam renang di rumah namun mereka masih belum tahu bagaimana cara merawat kolam renang dengan baik dan benar. Oleh karena itu kali ini kami akan membagikan informasi pentingnya. Ini sangat mudah untuk anda lakukan di rumah sendiri. Simak lengkapnya di sini:

1.      Melakukan treatment rutin

Cara merawat kolam renang pribadi yang pertama sehingga air kolam renangnya senantiasa jernih adalah dengan melakukan treatment secara rutin. Memiliki kolam renang yang jernih tentu saja menjadi idaman banyak orang.

Kolam yang bersih dan sehat pasti akan menyegarkan perenang. Treatment untuk kolam renang wajib dilakukan minimal selama dua kali dalam seminggu. Apa saja treatment yang dilakukan?

Rangkaian treatment yang harus dilakukan untuk kolam renang anda meliputi pengambilan sampah-sampah seperti daun, ranting, atau kotoran lainnya yang berada di kolam.

Selain itu juga perlu dilakukan vacuum untuk kotoran yang sudah mengendap di dasar kolam renang. Jadi walaupun kolam renang anda terlihat jernih, kami sarankan untuk teta melakukan treatment rutin sehingga air kolam renang tetap terjaga kesehatannya.

2.      Memberikan chemical pada kolam renang

Cara merawat kolam renang yang baik berikutnya adalah anda bisa memberikan chemical pada kolam renang di rumah anda. Tidak hanya dengan melakukan treatment atau perawatan rutin saja, air kolam renang juga membutuhkan obat chemical atau kimia untuk tetap menjaga kejernihan dan kebersihan air kolam renang.

Chemical ini berguna untuk menjaga kualitas air sehingga kualitas air tetap terjaga dengan baik. Obat chemical memiliki banyak macam dan fungsi macam-macam untuk kolam renang. Apa yang kita tahu biasanya hanya kaporit saja. Padahal ada beberapa jenis chemical untuk kolam renang.

Kaporit hanyalah chemical yang berguna untuk menjaga air kolam renang saat kondisi kolam renang sudah ideal dan dalam posisi jernih. Pemberian kaporit diberikan setidaknya dalam dua minggu sekali sesuai dengan takaran untuk kubikasi air kolam renang. Kurang dan lebihnya pemberian kaporit akan berimbas pada kejernihan air di kolam renang anda.

Chemical lain yang dapat diberikan untuk kolam renang adalah soda ash, PAC, dan HCl. Chemical tersebut dapat diberikan guna mendapatkan air kolam renang yang kembali ideal.

3.      Mengecek kadar pH dan chlorin pada kolam renang

Cara merawat kolam renang yang ketiga adalah mengecek kadar pH dan chlorin pada kolam renang. Pengecekan kadar pH dan chlorin di kolam renang ini seringkali disepelekan dan dianggap remeh oleh pemilik kolam renang.

Padahal ini merupakan hal yang sangat penting dan akan berimbas ke penjernihan air kolam renang. pH dan chlorin kolam renang haruslah ideal dan stabil. Chemical berupa kaporit, soda ash, dan HCl memiliki peranan yang penting untuk membuat kondisi pH dan chlorin kolam renang jadi stabil.

Anda bisa melakukan pengecekan kadar pH dan chlorin menggunakan test kit. Cara penggunaannya cukup mudah dan anda bisa langsung mengetahui kondisi terkini kadar pH dan chlorin dengan cepat. Kadar chlorin yang ideal adalah 1 hingga 1.5 ppm.

Apabila kadar chlorin kurang ideal, maka anda bisa menambahkan chemical kaporit sedikit demi sedikit ke kolam renang. Namun apabila kadarnya melebihi dari yang ideal, maka cukup melakukan sirkulasi lebih lama dari biasanya.

Jika pH berada di bawah kadar ideal yaitu 7.2 sampai 7.6, maka anda bisa menambahkan soda ash. Namun apabila kadar pH diatas 7.6 maka anda membutuhkan chemical HCl untuk menurunkannya.

4.      Backwash filter kolam renang

Cara merawat kolam renang yang baik adalah dengan melakukan backwash filter kolam renang. Ini akan berpengaruh terhadap filtrasi air pada kolam renang.

Penggunaan chemical dan perawatan kolam renang memang sangat penting. Namun jika anda tidak memperhatikan hal yang satu ini maka air kolam renang yang dihasilkan juga tidak akan jernih dengan maksimal.

Proses pencucian filter ini sangat penting untuk menghasilkan air yang jernih dan sehat. Pencucian filter bukan artinya anda menguras media yang ada di dalamnya. Namun anda hanya cukup memilih mode backwash pada multiport dan membiarkan cuci filternya secara otomatis.

Fungsi dari backwash ini adalah untuk menghindari adanya kotoran yang menggumpal dan mengendap di dalam filter kolam renang sehingga hal tersebut tidak mengganggu optimalnya sistem filtrasi kolam renang anda.

Supaya menghasilkan air kolam renang yang jernih dan baik, minimal pencucian filter ini bisa dilakukan setidaknya satu minggu sekali. Idealnya dilakukan setelah proses vacuum rutin dan durasinya kurang lebih 1 menit saja. Dalam waktu 1 menit itu, air yang sudah tercampur dengan kotoran akan secara otomatis terbuang ke dalam saluran pembuangan kolam renang anda.

Banyak sekali kelebihan yang bisa anda dapatkan dengan bekerja sama bersama Raga Pool. Mulai dari harga yang terjangkau, siap membersihkan kolam renang di manapun di seluruh Indonesia, dan gratis sesi konsultasi. Anda bisa menghubungi kami di 081230586662. Semoga informasi yang kami bagikan kali ini dapat bermanfaat bagi anda semuanya.

 

Temukan Jasa Perawatan Kolam Renang Raga Pool pada Google Maps:

 

Baca juga: 9 Cara Menjernihkan Air Kolam Renang yang Berwarna Hijau dan Cara Treatment Awal dan Proses Pengendapan Air Kolam Renang