5 Kelalaian Tentang Cara Perawatan Kolam Renang Sendiri di Rumah

Di kesempatan kali ini, kami akan mengajak anda untuk mengetahui bagaimana perawatan kolam renang pribadi. Seringkali banyak pemilik kolam renang yang mengabaikan perawatan kolam renang. Mulai dari karena tidak memiliki waktu luang untuk membersihkan kolam renang, hingga tidak tahu cara perawatan kolam renang di rumah yang tepat. Berikut informasi mengenai kelalaian mengenai cara perawatan kolam renang di rumah.

1.      Kebutuhan waktu sirkulasi kolam renang

Merawat kolam renang pribadi merupakan sebuah keharusan. Tentu saja sebagai pemilik kolam renang, kita menginginkan kolam renang yang bersih dan juga jernih.

Dalam melakukan perawatan untuk kolam renang memang ada beberapa hal yang harus disiapkan karena banyak kendala dan minimnya informasi. Biasanya orang-orang malas untuk merawat kolam renang mereka.

Sering banyak kelalaian yang akhirnya menjadi sumber masalah awal untuk kolam renang. Kelalaian perawatan kolam renang pribadi yang pertama adalah terkait dengan kebutuhan waktu sirkulasi kolam renang.

Kolam renang tentunya akan membutuhkan waktu sirkulasi harian rutin. Hal ini dibutuhkan supaya air kolam renang tetap terjaga. Namun seringkali orang-orang lupa akan hal ini, mungkin karena lupa menyalakan mesin atau karena alasan lainnya seperti menghemat penggunaan listrik.

Kolam renang setidaknya membutuhkan waktu sekitar empat hingga enam jam setiap harinya untuk melakukan sirkulasi yang ideal. Dengan catatan bahwa kolam renang anda sudah memiliki mesin pompa yang sesuai untuk kebutuhan air kolam renang anda. Jadi pastikanlah bahwa waktu sirkulasi kolam renang pribadi anda sudah tercukupi.

2.      Macam tindakan perawatan kolam renang

Kemudian kelalaian perawatan kolam renang pribadi yang kedua adalah macam tindakan perawatan kolam renang yang tidak lengkap. Mayoritas pemilik kolam renang hanya akan mengetahui proses vacuum kolam renang menjadi satu-satunya cara merawat atau treatment untuk kolam renang. Padahal ada satu tindakan perawatan kolam renang lainnya, yaitu penyikatan.

Menggunakan vacuum tidak mungkin dapat mencegah tumbuhnya lumut pada setiap permukaan dinding atau dasar kolam renang karena pada dasarnya vacuum menyedot kotoran kecil yang ada di air. Penyikatan kolam renang merupakan tindakan pencegahan munculnya lumut dan untuk pengangkatan lumut.

Baiknya anda melakukan penyikatan kolam renang ini tidak hanya ketika lumut sudah menempel saja, namun bisa dilakukan ketika dinding dan dasar kolam terlihat bersih. Anda bisa menambahkan kegiatan penyikatan ke dalam tindakan perawatan kolam renang rutin anda.

3.      Takaran dan urutan pemberian chemical

Kelalaian dalam cara perawatan kolam renang di rumah yang ketiga adalah pemberian takaran dan urutan chemical. Banyaknya chemical khusus untuk kolam renang mungkin membuat sebagian orang bingung, mana yang harus digunakan untuk kolam renang, berapa takarannya dan bagaimana urutannya.

Pemberian chemical yang tidak tepat dengan takaran bisa membuat air kolam renang menjadi tidak berkualitas dan dapat merusak kolam renang anda.

Oleh karena itu pemberian obat chemical patutlah anda perhitungkan lebih dulu dengan baik dan benar. Selain itu anda juga harus tahu gejala yang dialami oleh air kolam renang anda sehingga dapat mengetahui jenis chemical kolam renang mana yang bisa anda pakai untuk mengatasi kondisi kolam renang terkini anda.

Untuk macam-macam chemical kolam renang ada kaporit, chlorin, PAC, soda ash, dan trussi. Dimana semua jenis chemical itu memiliki fungsi yang berbeda dan saling melengkapi untuk menjaga kebersihan dan kejernihan kolam renang di rumah anda.

4.      Pengecekan pH dan chlorin kolam renang

Sangatlah penting untuk melakukan pengecekan pH dan chlorin kolam renang. Hal ini akan sangat berpengaruh kepada kejernihan air kolam renang dan kenyamanan pengguna kolam renang.

Namun sayangnya banyak sekali pemilik kolam renang yang kurang mengetahui kadar pH dan chlorin yang ideal untuk kolam renang mereka. Jika sampai saat ini anda masih belum melakukan pengecekan kadarnya, maka anda bisa menggunakan test kit. Kadar ideal pH adalah 7.2 hingga 7.6. Sedangkan kadar ideal chlorin air kolam renang adalah 1 hingga 1.5 ppm.

Jika ingin menaikkan kadar pH maka bisa menggunakan chemical soda ash, sedangkan untuk membuat kadar chlorin yang ideal bisa menggunakan chemical chlorin. Apakah anda sudah melakukan pengujian kadar pH dan chlorin untuk kolam renang anda? Jika belum, maka segera lakukan pengecekan dan atasi menggunakan chemical yang sudah kami sarankan.

5.      Pengecekan kolam renang mendetail

Salah satu kelalaian pemilik ketika melakukan perawatan kolam renang pribadi adalah jarang melakukan pengecekan kolam renang secara mendetail atau keseluruhan. Jangan hanya sekedar melakukan penyikatan dan vacuum saja ketika melakukan perawatan kolam renang.

Ada beberapa hal penting lainnya yang wajib dilakukan yaitu melakukan pengecekan kolam renang secara mendetail.

Anda juga perlu untuk melakukan pengecekan terhadap basket strainer yang ada pada pompa dan wajib untuk dilakukan pembersihan karena bisa jadi menumpuk banyak sampah atau kotoran di dalamnya.

Cek juga pompa kolam renang dan sirkulasi kolam renang secara berkala untuk memastikan bahwa semuanya berjalan dengan lancar.

Itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan kepada anda mengenai beberapa kelalaian terkait dengan perawatan kolam renang sendiri. Jika anda memiliki kolam renang pribadi di rumah dan tidak memiliki waktu untuk membersihkannya rutin, maka anda bisa menggunakan jasa dari Raga Pool dengan menghubungi tim kami di nomor 081230586662. Tim Raga Pool siap membantu anda untuk melakukan perawatan rutin kolam renang.

 

Temukan Jasa Perawatan Kolam Renang Raga Pool pada Google Maps:

 

Baca juga: Jasa Perawatan Kolam Renang Jakarta Terpercaya Harga Murah dan Cara Pemberian Takaran Kaporit yang Tepat Pada Kolam Renang