Cara Treatment Awal dan Proses Pengendapan Air Kolam Renang

Bagi anda yang baru saja selesai proyek kolam renang, kami akan membagikan informasi mengenai treatment awal kolam renang sehingga air kolam renang bisa menjadi jernih.

Tentu saja setelah kolam renang selesai dibangun atau direnovasi, maka air tidak langsung jernih. Apabila anda masih kebingungan bagaimana langkah awal atau treatment awal untuk kolam renang maka anda bisa menyimak informasi lengkapnya di bawah ini:

Chemical yang Dibutuhkan Untuk Menjernihkan Air Kolam

Untuk melakukan treatment awal kolam renang maka anda harus mengetahui apa saja chemical atau obat kimia yang dibutuhkan sehingga anda bisa segera membelinya sebelum melakukan treatment awal.

Untuk membuat air kolam renang anda menjadi bersih dan jernih maka anda membutuhkan beberapa obat chemical. Berikut ini adalah kami uraikan apa saja chemical yang dibutuhkan dan berapa takarannya:

 

1.      Kaporit Bubuk

Obat chemical pertama yang anda butuhkan adalah kaporit bubuk 60%. Apa kegunaan dari kaporit bubuk ini? Kaporit bubuk berguna untuk membunuh bakteri, virus, dan juga kuman di dalam air. Selain itu kaporit bubuk ini juga berguna untuk menaikkan pH air dan menjernihkan air. Untuk takaran kaporit bubuk 60% ini dibutuhkan 3 kg untuk 50 m3 air.

 

2.      Soda Ash

Kemudian cara pengendapan air kolam renang juga menggunakan obat chemical bernama soda ash. Soda ash atau yang dikenal sebagai Natrium karbonat/Na2CO3.

ini merupakan chemical tambahan kolam renang yang berguna untuk menetralkan efek korosi dari chlorin dan juga membantu menaikkan pH air kolam renang, membantu juga dalam proses penjernihan air kolam renang. Untuk takaran soda ash adalah 3 kg untuk 50 m3 air.

 

3.      PAC

Next, chemical selanjutnya untuk treatment awal kolam renang adalah PAC atau kepanjangan dari (Poly Aluminium Chloride/[Al2(OH)nCl6-n]m (1≤n≤5,m≤10)).

PAC merupakan obat chemical yang berguna sebagai koagulan atau obat kimia yang memiliki sifat untuk menggumpalkan sehingga nantinya kotoran kecil yang ada di dalam air kolam renang dapat menggumpal dan mengendap di dasar kolam renang.

PAC membantu untuk menjernihkan air kolam renang yang keruh. Untuk takaran tepat dari PAC adalah 4 kg untuk 50 m3 air.

 

4.      HCl

Chemical terakhir yang digunakan untuk treatment awal kolam renang adalah HCl. HCl berfungsi untuk menstabilkan pH sehingga air kolam renang tidak keruh dan dapat kembali jernih. Takaran HCl yang dapat diberikan adalah 5 liter untuk 50 m3 air.

Ada empat jenis chemical yang harus anda tambahkan dalam proses treatment awal. Keempat obat chemical atau obat kimia ini memiliki fungsi masing-masing untuk menjernihkan air kolam renang.

Untuk urutan pemberian obat kolam renang, anda bisa ketahui pada langkah-langkah atau cara pengendapan air kolam renang yang akan kami bahas di poin yang selanjutnya. Sebagai catatan, setiap penambahan obat chemical di atas harus diberi jeda 10 hingga 15 menit antara tiap jenis chemicalnya.

 

 

Langkah-Langkah Treatment Awal Kolam Renang

Setelah mozaik berhasil terpasang seluruhnya, dan peralatan mekanikal kolam renang sudah terinstal dengan baik dan benar maka langkah selanjutnya adalah melakukan pengisian air kolam renang.

Jika balancing tank sudah terisi, maka barulah bisa dilakukan treatment awal untuk kolam renang. Berikut adalah beberapa cara pengendapan air kolam renang:

a.       Memutar tuas multiport valve

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan memutar tuas multiport valve ke mode circulate supaya sirkulasi air kolam renang bisa bypass tidak melalui filter sehingga selain chemical tidak merusak filter, maka air kolam renang juga dapat lebih cepat berputar untuk melarutkan chemical.

b.      Mencampurkan kaporit bubuk 60%

Kemudian setelah memastikan tuas multiport valve sudah ke mode circulate, selanjutnya anda bisa mencampurkan kaporit bubuk 60% sesuai dengan takaran yang tadi sudah kami sebutkan di poin yang sebelumnya.

Untuk aplikasi dari kaporit ini, bisa anda campurkan dulu di dalam wadah atau bisa langsung menaburkannya ke dalam kolam renang, tepatnya di sisi-sisi kolam renang. Untuk jeda penyiraman tiap chemical juga sudah kami jelaskan di poin sebelumnya.

c.       Mencampurkan soda ash

Langkah ketiga, anda perlu untuk mencampurkan soda ash sesuai takaran yang sudah disebutkan. Untuk menambahkannya ke kolam renang, anda hanya perlu mencampurkan soda ash dengan air dalam wadah atau bisa langsung menaburkannya saja di sisi-sisi kolam renang.

d.      Mencampurkan PAC

Selanjutnya adalah chemical yang berguna untuk menggumpalkan kotoran dalam air yaitu PAC, untuk fungsinya sudah kami bahas di atas juga. Campurkan PAC ke dalam air sesuai dengan takaran yang sudah disebutkan.

e.       Mencampurkan HCl

Chemical terakhir yang dicampurkan untuk menjernihkan kolam renang adalah HCl. Campurkan ke dalam air kolam renang sesuai takaran yang sudah dijelaskan di atas. Setelah pencampuran HCl, tunggulah sekitar 10 hingga 15 menit kemudian biarkan pompa berjalan minimal 1 jam supaya semua obat chemical tercampur secara merata.

f.        Diamkan selama 4 jam (Proses penggumpalan)

Setelah chemical tercampur dengan rata maka selanjutnya matikan pompa supaya air kolam renang menjadi tenang. Biarkan air kolam renang tenang selama 4 jam, sehingga terjadi proses penggumpalan dari obat chemical yang tadi sudah dicampurkan. Perhatikan dasar kolam renang yang mulai terdapat endapan kotoran.

g.       Melakukan vacuum dasar kolam renang

Jika sudah terlihat dengan jelas endapan di dasar kolam, maka langkah terakhir adalah melakukan penyedotan dengan menggunakan vacuum kolam renang, tepatnya menggunakan mode vacuum buang.

Kami telah menyampaikan informasi lengkap mengenai urutan pemberian obat kolam renang dan langkah-langkahnya. Apabila anda membutuhkan jasa treatment untuk kolam renang anda maka bisa menghubungi Raga Pool di 081230586662.

 

Temukan Jasa Perawatan Kolam Renang Raga Pool pada Google Maps:

 

Baca juga: Bagaimana Sistem Skema Sirkulasi Air Kolam Renang dan Dosis Takaran Obat Kolam Renang Agar Air Senantiasa Jernih