Lima Cara Jitu Merawat Kolam Renang Agar Air Tetap Jernih

Cara merawat kolam renang agar air tetap jernih sebenarnya sangatlah mudah dan bisa anda lakukan sendiri asal anda tahu cara-caranya. Kolam renang yang bersih dan jernih adalah idaman semua orang yang memiliki kolam renang.

Jika kolam renang keruh, berlumut, dan juga kotor maka tentu dapat membuat pengguna tidak nyaman dan bisa menjadi media untuk menularkan penyakit. Oleh karena itu kali ini kami akan menyampaikan informasi mengenai lima cara jitu untuk merawat kolam renang agar air tetap jernih. Simak lengkapnya di bawah ini.

1.      Perhatikan kebutuhan waktu sirkulasi harian

Menjaga kebersihan air kolam renang sangatlah penting untuk kenyamanan dan kesehatan. Untuk menjaga kebersihan kolam renang, maka kualitas air juga harus diperhatikan dengan baik.

Air kolam renang yang sehat dan baik memiliki ciri tidak berbau, tidak berwarna, dan tentunya bersih. Walaupun terdapat solusi dengan mengganti air kolam renang secara berkala, itu bisa anda lakukan namun tentu membutuhkan biaya yang besar dan boros sehingga anda harus tahu bagaimana cara jitu merawat air kolam renang tanpa boros. Hal yang pertama adalah dengan memperhatikan kebutuhan waktu sirkulasi harian.

Sangat penting untuk memiliki pompa khusus kolam renang. Tujuannya adalah supaya pompa tersebut dapat membuat sirkulasi di dalam air menjadi tetap terjaga.

Apabila kolam renang di rumah anda sudah dilengkapi dengan pompa khusus maka setidaknya nyalakan pompa kolam renang minimal 6 jam setiap harinya. Mengapa? Supaya tercipta sirkulasi yang baik di air kolam renang.

Selain itu, dengan menyalakan pompa kolam renang maka juga membantu untuk menyaring kotoran dan debu yang ada pada air kolam renang. Kolam renang pun bisa terhindar dari lumut dan kekeruhan sehingga akan selalu jernih.

2.      Membersihkan pasir dengan rutin

Cara membuat air kolam renang jernih yang kedua adalah dengan membersihkan pasir dengan rutin. Seperti yang kita tahu bahwa di dalam filter kolam renang terdapat media pasir khusus.

Pasir inilah yang harus dibersihkan secara rutin sehingga kinerjanya tetap baik dalam menyaring kotoran dan debu di kolam renang. Anda juga harus membersihkan filter kolam renang secara rajin. Karena apabila filter dan pasir tidak sering dibersihkan maka dapat menyebabkan menumpuknya debu pada filter dan membuat filter jadi bekerja dengan tidak maksimal.

Jika hal ini dibiarkan saja, maka dapat membuat filter mudah rusak dan pasti anda harus mengeluarkan biaya tambahan lagi. Oleh karena itu kami sarankan supaya seminggu sekali anda membersihkan filter dari tumpukan debu dan kotoran yang ada.

3.      Rutin mengecek pH dan Chlorin

Cara menjernihkan air kolam renang yang ketiga adalah dengan rutin mengecek pH dan chlorin. Air kolam renang tentu saja haruslah sehat. Dapat dikatakan sehat untuk pengguna apabila memiliki rentang pH dan chlorin sesuai dengan anjuran. Oleh karena itu anda perlu secara rutin mengecek pH dan chlorin menggunakan bantuan test kit kolam renang.

Air kolam renang dikatakan ideal apabila memiliki pH di rentang 7,2 hinga 7,6. Sedangkan untuk indikator chlorine, apabila angka berada di kisaran 1,0 hingga 1,5 ppm artinya kadar chlorine berada di kondisi yang ideal.

4.      Rutin menambahkan chemical

Next, cara menjernihkan air kolam renang yang keempat adalah dengan rutin menambahkan chemical atau obat kimia khusus untuk kolam renang.

Penambahan chemical ini berguna untuk menjaga kualitas air sehingga air tetap bersih serta bebas dari berbagai macam jenis bakteri dan penyakit. Penggunaan obat kimia pada kolam renang ini sudah banyak dilakukan karena hal itu merupakan langkah perawatan kolam renang.

Hingga saat ini sudah ada berbagai macam chemical untuk kolam renang dengan fungsi beragam. Mulai dari PAC, Soda Ash, Kaporit, Chlorin, dan masih ada yang lainnya. Namun perlu dicatat bahwa terlalu banyak penggunaan chemical juga tidak baik bagi kesehatan pengguna kolam renang. Jadi gunakan sesuai takaran dan anjuran.

5.      Perawatan rutin mingguan

Cara membuat air kolam renang jernih yang terakhir adalah dengan melakukan perawatan rutin mingguan. Hal ini sangat perlu dilakukan sehingga kualitas air kolam renang tetap terjaga, dan air kolam renang bersih dan sehat.

Anda perlu melakukan perawatan kolam renang ekstra seminggu sekali. Mulai dari penyikatan bibir dan dinding kolam renang, vacuum kolam renang, pembersihan ruang mesin dan balancing tank. Apabila anda tidak memiliki waktu maka anda dapat menggunakan jasa perawatan kolam renang.

Itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan mengenai bagaimana cara merawat kolam renang agar tetap jernih. Apabila anda sedang membutuhkan jasa pembuatan kolam renang, jasa renovasi kolam renang, dan jasa perawatan rutin kolam renang maka bisa langsung menghubungi Raga Pool di nomor berikut ini 081230586662. Semoga apa yang kami sampaikan kali ini dapat membantu anda.

 

Temukan Jasa Perawatan Kolam Renang Raga Pool pada Google Maps:

 

Baca juga: 9 Cara Menjernihkan Air Kolam Renang yang Berwarna Hijau dan 4 Cara Vacuum Kolam Renang yang Efektif Agar Selalu Jernih