4 Cara Vacuum Kolam Renang yang Efektif Agar Selalu Jernih

Salah satu informasi penting yang harus anda ketahui jika anda memiliki kolam renang di rumah adalah cara vacuum kolam renang. Tahapan vacuum kolam renang merupakan salah satu langkah untuk membersihkan kolam renang dan untuk maintenance kolam renang.

Banyak sekali orang-orang yang masih salah dalam melakukan vacuum kolam renang sehingga kebersihan kolam renang tidak bisa terjaga dengan maksimal. Berikut ini adalah informasi mengenai lengkapnya:

1.      Mempersiapkan peralatan vacuum

Langkah pertama ketika anda ingin vacuum kolam renang adalah dengan mempersiapkan peralatannya. Ada beberapa peralatan yang wajib disediakan sebelum anda memulai proses vacuum untuk kolam renang.

Peralatan yang harus anda sediakan adalah vacuum hose, vacuum head untuk kolam renang, dan telescopic handle. Vacuum hose berguna sebagai selang vacuum kolam renang yang mengalirkan air dengan kotoran pada kolam renang.

Sedangkan vacuum head kolam renang berfungsi sebagai sikat vacuum kolam renang untuk menyikat dan menghisap kotoran yang ada pada lantai dasar dan dinding kolam renang.

Sedangkan untuk telescopic handle berguna untuk menjadi pegangan sehingga kita akan lebih mudah untuk menggerakkan ke bagian mana vacuum head akan menghisap kotoran di dasar dan dinding kolam renang.

Dengan penggunaan telescopic handle ini maka akan lebih memudahkan anda menjangkau seluruh sisi kolam renang, sehingga pembersihannya pun menjadi lebih maksimal.

2.      Pemilihan mode vacuum

Tips untuk vacuum kolam renang yang kedua adalah pemilihan mode vacuum. Usahakan ketika anda sedang melakukan vacuum maka pilihlah mode multiport.

Mode multi port pada vacuum sangatlah penting untuk menghasilkan proses vacuum yang maksimal. Jika anda ingin melakukan perawatan secara rutin untuk kolam renang, maka pilihlah mode multiport, ini bertujuan supaya air yang tersisa akan disaring lebih dulu di dalam filter kolam renang.

Ketika memilih mode ini diwajibkan untuk menutup saluran balancing tank dan juga maindrain, anda kemudian harus membuka saluran vacuum.

Namun hal ini akan berbeda jika anda memilih proses vacuum buang yang biasa dilakukan pada treatment pengendapan karena pada proses pengendapan pasti banyak dihasilkan kotoran, maka sebaiknya langsung dibuang saja tanpa harus disaring di dalam filter lebih dulu.

3.      Instalasi peralatan vacuum

Peralatan vacuum untuk kolam renang yang tadi sudah anda siapkan. Selanjutnya harus dilakukan instalasi peralatan sehingga dapat digunakan untuk menyedot kotoran di dalam kolam renang.

Semua peralatan tadi harus terkoneksi satu sama lain supaya dapat melakukan proses vacuum dengan ideal. Seperti telescopic handle yang harus terkoneksi dengan vacuum head, kemudian vacuum head yang harus terkoneksi dengan vacuum hose.

Setelah semuanya terpasang satu sama lain maka vacuum hose bisa dimasukkan ke dalam vacuum fitting yang ada di dinding kolam renang, atau bisa juga dimasukkan ke dalam skimmer box apabila kolam renang memiliki tipe skimmer.

Pastikan vacuum hose terisi dengan air seluruhnya dan tidak ada udara di dalamnya. Hal ini bertujuan untuk mengurangi masuknya udara ke dalam pompa vacuum kolam renang yang dapat mengakibatkan kurangnya daya hisap pada mesin vacuum kolam renang.

Apabila hal ini terjadi maka tidak menutup kemungkinan pompa vacuum kolam renang yang anda miliki akan mengalami kerusakan.

 

4.      Melakukan proses vacuum

Setelah memastikan semuanya terkoneksi satu sama lain, selanjutnya adalah proses untuk vacuum kolam renang anda. Baiknya proses vacuum kolam renang ini dilakukan secara perlahan dan jangan terburu-buru.

Hal ini supaya vacuum head dapat menghisap kotoran yang ada di dasar kolam renang dengan maksimal. Arahkan telescopic handle dengan merata diseluruh bagian kolam renang.

Jika ada kotoran yang menempel di dinding kolam renang, maka anda bisa menggunakan sikat vacuum kolam renang atau full brush sebagai alat tambahan untuk menghilangkan noda yang membandel.

Tips Tambahan Vacuum Untuk Kolam Renang

Kami telah memberikan informasi mengenai cara untuk vacuum kolam renang, kami juga akan memberikan tips tambahan sehingga anda tahu kapan waktunya melakukan vacuum untuk kolam renang anda. Untuk hasil terbaik kami menyarankan supaya anda melakukan vacuum untuk kolam renang setiap dua kali dalam seminggu.

Selain itu mesin kolam renang juga perlu dinyalakan sekitar 6 hingga 8 jam setiap harinya. Kemudian untuk hasil kolam renang yang lebih maksimal maka perlu juga diberikan chemical khusus kolam renang dan dilakukan pengecekan kadar pH dan chlorin.

Jangan lupa juga untuk melakukan pembersihan filter secara rutin sehingga filter dapat berjalan dengan baik dan membuat kolam renang anda bersih. Jika semua langkah perawatan sudah anda lakukan maka kondisi kolam renang dipastikan akan selalu baik dan siap pakai kapanpun.

Jika anda ingin menggunakan jasa perawatan kolam renang rutin maka langsung saja menghubungi tim Raga Pool di nomor berikut ini 081230586662.

 

Temukan Jasa Perawatan Kolam Renang Raga Pool pada Google Maps:

 

Baca juga: Cara Menjernihkan Air Kolam Renang yang Keruh Pasca Renovasi dan Pengaruh Air Hujan & Cara Merawat Kolam Renang di Musim Hujan