Cara Menjernihkan Air Kolam Renang yang Keruh Pasca Renovasi

Apabila anda baru saja selesai melakukan renovasi kolam renang, maka anda harus tahu bagaimana cara menjernihkan air kolam renang karena seusai renovasi kolam renang, pasti air kolam renang akan menjadi keruh dan tidak bisa langsung digunakan untuk berenang.

Pasti ada sisa-sisa bahan dari renovasi kolam renang, yang turut bercampur dengan air kolam renang. Berikut ini adalah beberapa cara untuk membuat jernih air kolam renang anda setelah renovasi kolam renang. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini:

 

1.      Penyiraman Kaporit

Jika kolam renang anda baru saja selesai dilakukan renovasi, kemudian airnya menjadi keruh maka anda harus menyiapkan beberapa bahan chemical untuk membuat air kolam renang menjadi jernih kembali sehingga dapat digunakan lagi.

Langkah awal dalam menjernihkan air kolam renang yang keruh pasca renovasi adalah dengan melakukan penyiraman kaporit. Sebelumnya larutkan kaporit terlebih dulu ke dalam ember, setelah itu lakukan penyiraman kaporit supaya penyiraman kaporit ini rata di semua sisi kolam renang, kami sarankan untuk menyiramkannya secara perlahan mengelilingi sisi-sisi kolam renang.

 

PAC Kolam Renang

2.      Penyiraman PAC

Kemudian langkah kedua setelah selesai melakukan penyiraman kaporit adalah penyiraman PAC. PAC adalah salah satu obat chemical yang cukup penting untuk penjernihan air kolam renang. PAC atau kepanjangan dari (Poly Aluminium Chloride/[Al2(OH)nCl6-n]m (1≤n≤5,m≤10)) ini bertindak sebagai koagulan dalam penjernihan air.

Koagulan sendiri merupakan bahan kimia yang dibutuhkan air baku untuk membantu proses pengendapan partikel-partikel kecil yang tidak bisa mengendap secara gravimetri. Secara singkat, guna dari PAC adalah untuk mengikat kotoran yang ada di dalam air kolam renang yang keruh, sehingga nantinya kotoran bisa diendapkan di dasar kolam renang.

Untuk proses penyiramannya sama seperti ketika anda menyiramkan kaporit, tuangkan perlahan di sisi-sisi kolam renang sehingga bisa tersebar secara rata.

 

Soda Ash

3.      Menaburkan Soda Ash di seluruh sisi kolam renang

Cara membuat air kolam renang jernih tahapan ketiga adalah menaburkan Soda Ash. Soda Ash atau dalam Kimia disebut sebagai (Natrium karbonat/Na2CO3) ini memiliki fungsi yang hampir mirip dengan PAC atau tawas.

Soda Ash merupakan tambahan untuk kolam renang, tepatnya untuk membantu menetralkan efek korosi dan klorin serta membantu untuk menaikkan pH air kolam renang.

Dalam penggunaannya anda bisa langsung menaburkan Soda Ash di seluruh sisi kolam renang atau bisa juga melarutkan Soda Ash di dalam wadah sebelum dimasukkan ke dalam air kolam renang.

4.      Menyalakan Pompa

Jika sudah menaburkan Soda Ash di seluruh sisi kolam renang, langkah keempat untuk menjernihkan air kolam renang adalah dengan menyalakan pompa.

Biarkan sirkulasi kolam renang menyala dalam durasi kurang lebih 4 jam hingga 5 jam. Tujuan menyalakan sirkulasi kolam dengan mengaktifkan pompa adalah supaya obat chemical yang tadi kita sudah campurkan mulai dari langkah pertama hingga ketiga bisa tercampur dengan merata bersama semua air kolam renang.

5.      Mematikan Sirkulasi Air

Kemudian cara menjernihkan air kolam renang dilanjutkan dengan mematikan sirkulasi air. Setelah waktu menyalakan sirkulasi air sudah terpenuhi, selanjutnya matikan sirkulasi air kolam renang dalam durasi 10 hingga 12 jam, supaya pengendapan berjalan secara maksimal.

6.      Proses Pendiaman

Dalam rentang waktu 10 hingga 12 jam tadi, akan terjadi proses pengendapan kotoran-kotoran dari air kolam renang. Bisa anda lihat bahwa terjadi pengendapan kotoran di dasar kolam renang.

 

Proses pengendapan air kolam renang dan dilanjutkan proses vacuum endapan.

7.      Proses Vacuum

Setelah proses pendiaman atau pengendapan, langkah selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah tentu saja dengan mengambil endapan itu sehingga air kolam renang bisa kembali bersih atau jernih.

Anda bisa menggunakan vacuum khusus kolam renang untuk menyedot endapan kotoran tersebut. Lakukanlah proses vacuum secara merata dan perlahan, supaya endapan bisa secara sempurna tersedot dan tidak tercampur atau teraduk kembali dengan air kolam renang.

Pastikan melakukannya di semua sisi kolam renang anda, sehingga tidak ada endapan atau kotoran yang tertinggal di air kolam renang.

 

8.      Menyalakan Lagi Pompa Filter Air

Setelah proses vacuum, bisa dilihat bahwa air kolam renang anda sudah bersih dan jernih kembali. Jika air kolam renang anda sudah terlihat jernih, maka langkah selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah menyalakan lagi pompa filter air kolam renang. Ini merupakan langkah terakhir dari cara menjernihkan air kolam renang pasca renovasi.

Itulah beberapa informasi yang bisa kami sampaikan mengenai bagaimana cara membuat air kolam renang jernih pasca renovasi kolam renang.

Langkah-langkah di atas cukuplah mudah dan sederhana, sehingga bisa anda praktekkan di rumah sendiri.

Apabila anda membutuhkan renovasi kolam renang atau jasa perawatan rutin untuk kolam renang anda maka bisa menghubungi Raga Pool di nomor berikut ini 081230586662. Selain itu Raga Pool juga menerima pembuatan kolam renang berbagai jenis model.

 

Temukan Jasa Perawatan Kolam Renang Raga Pool pada Google Maps:

 

Baca juga: Cara Menjernihkan Air Kolam Renang yang Berwarna Hijau dan Jasa Service dan Perbaikan Kolam Renang Bocor di Bandung