Pengaruh Air Hujan & Cara Merawat Kolam Renang di Musim Hujan

Cara merawat kolam renang di musim hujan sangatlah mudah. Biasanya kolam renang akan menjadi mudah keruh apabila musim penghujan sudah datang.

Oleh karena itu anda yang memiliki kolam renang, entah itu kolam renang pribadi di rumah atau kolam renang bisnis harus tahu bagaimana merawat kolam renang terutama ketika musim penghujan tiba.

Berikut adalah informasi mengenai cara merawat kolam renang di musim hujan yang bisa anda ikuti.

Pengaruh Air Hujan Pada Kolam Renang

Biasanya kolam renang setelah hujan akan menjadi gampang keruh dan kotor. Karena seperti yang kita tahu bahwa air hujan memanglah kotor. Berikut ini adalah dampak atau pengaruh air hujan pada kolam renang yang perlu anda ketahui:

1.      Munculnya lumut di dasar kolam renang

Turunnya hujan tentu akan membawa beberapa dampak atau pengaruh untuk kolam renang anda. Pengaruh yang pertama adalah munculnya lumut di dasar atau dinding kolam renang. Hal itu tentu saja akan membuat kolam renang menjadi licin, meningkatkan kembang biak bakteri di air kolam renang.

Selain itu air hujan yang bercampur dengan air kolam renang juga akan menyebabkan peningkatan pH pada air kolam renang, yang membuat air kolam renang anda menjadi tidak ideal digunakan untuk berenang.

2.      Volume air yang meningkat

Kemudian pengaruh air hujan pada kolam renang yang kedua adalah akan membuat volume air menjadi meningkat, terutama ketika hujan terus-terusan tiap hari turun pasti akan menyebabkan over kapasitas pada air kolam renang anda.

3.      Bau anyir pada kolam renang

Dampak ketiga dari air hujan untuk kolam renang adalah timbulnya bau anyir pada air kolam renang. Tentu saja bau ini tidak sedap dan pasti akan mengganggu pengguna kolam renang. Oleh karena itu harus segera diatasi jika kolam renang sudah berbau anyir.

 

Cara Merawat Kolam Renang di Musim Hujan

Karena tadi kita sudah mengetahui apa saja pengaruh air hujan pada kolam renang setelah hujan, maka kali ini kami akan mengajak anda untuk tahu bagaimana cara merawat kolam renang setelah hujan.

Berikut adalah beberapa cara merawat kolam renang yang sederhana sehingga tidak sampai mengalami beberapa dampak yang sudah kami sebutkan di atas tadi:

a.       Mengukur pH air kolam renang

pH adalah tingkat keasaman air kolam renang, kolam renang harus memiliki kadar pH yang ideal. Air kolam yang terlalu basa atau asam, tidaklah baik dan dapat menimbulkan beberapa masalah. Oleh karena itu anda harus lebih dulu mengecek, setelah hujan apakah air kolam renang terlalu asam atau terlalu basa.

Untuk mengukur pH maka anda bisa menggunakan test kit kolam renang. Caranya adalah siapkan test kit kolam renang, masukkan tabung ke dalam kolam dan mengisi tabung hingga batas yang ada pada tabung. Setelah itu ditetesi obat khusus yang sudah disertakan, biasanya 5 tetes Phenol Red kemudian kocok hingga berubah warna dan bisa disesuaikan dengan indikatornya.

Jika pada tabung pH menunjukkan angka di kisaran 7,2 – 7,6 maka artinya kadar pH air dalam kondisi yang ideal. Lalu jika angka menunjukkan di atas 7,6; maka air dinyatakan dalam kondisi basa. Sedangkan apabila pH berada di bawah 7,2; maka air dinyatakan asam.

b.      Menambahkan obat chemical khusus kolam renang

Setelah mengetahui apakah pH nya sudah ideal atau belum, maka perawatan selanjutnya bisa dengan menambahkan obat chemical khusus. Air berbau anyir juga dapat diatasi dengan menggunakan beberapa jenis chemical khusus seperti bisa menggunakan kaporit tablet atau menggunakan soda ash. Dua obat chemical itu memiliki fungsi untuk membuat pH air ideal, menjernihkan air kolam renang, membunuh bakteri yang ada pada air, dan mencegah munculnya lumut pada dasar dan dinding kolam renang.

Itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara merawat kolam renang di musim hujan. Jika anda membutuhkan jasa perawatan kolam renang yang berkualitas dan terpercaya maka bisa hubungi Raga Pool di nomor berikut ini 081230586662.

 

Temukan Jasa Perawatan Kolam Renang Raga Pool pada Google Maps:

 

Baca juga: Jasa Perawatan Kolam Renang Terbaik Biaya Murah dan Cara Menggunakan dan Membaca Alat Test Kit Kolam Renang