Cara Menggunakan dan Membaca Alat Test Kit Kolam Renang

Cara membaca Test Kit kolam renang

Kali ini kami akan memberikan informasi penting mengenai cara menggunakan test kit kolam renang. Mengecek berapa kadar air kolam renang sangatlah penting sehingga kualitas air dari kolam renang tetap terjaga dengan stabil.

Kualitas dari air kolam renang dikatakan stabil apabila memiliki kadar chlorine dan pH yang ideal, selain itu ketika air kolam renang bersih dan jernih karena jika kualitas dari air kolam renang baik, maka perenang akan merasa nyaman dan tidak takut terkena penyakit ketika berenang.

Berikut adalah beberapa informasi yang akan kami sampaikan mengenai cara menggunakan dan membaca alat test kit kolam renang.

Apa itu pH dan Chlorine?

Sebelum memberitahu anda mengenai cara membaca test kit kolam renang, maka kali ini kami akan memberitahu anda mengenai apa itu pH dan Chlorin. Dua hal mendasar ini sangat perlu untuk diketahui pemilik kolam renang, karena berpengaruh dengan kualitas air.

Kadar pH adalah derajat atau tingkat keasaman. Derajat atau tingkatan ini digunakan untuk menyatakan tingkat keasaman atau kebasaan dari air kolam renang.

Sedangkan chlorine, merupakan obat chemical yang biasanya digunakan untuk membasmi dan mencegah pertumbuhan bakteri pada kolam renang.

Kadar dari pH dan chlorin pada kolam renang haruslah ideal sehingga air kolam renang aman untuk digunakan.

Cara Menggunakan Test Kit Kolam Renang

Jika anda belum pernah melakukan test kadar pH dan chlorine kolam renang, maka kami sarankan anda segera membeli test kit air kolam renang sehingga dapat segera mengetahui berapa kadar pH dan chlorin di kolam renang anda.

Test kit kolam renang merupakan alat sederhana yang berguna untuk mengukur tingkat pH dan chlorine di air kolam renang. Memiliki bentuk berupa dua tabung kecil, dan dilengkapi dengan dua botol kecil cairan yang disebut dengan oto phenol dan dikemas dalam satu kotak. Berikut ini adalah cara menggunakan test kit kolam renang:

1.      Mengisi tabung test kit

Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah mengisi tabung test kit dengan air kolam renang yang akan anda uji. Cukup masukkan tabung ke kolam renang hingga kedalaman sekitar sebatas lengan anda. Isilah tabung dengan air hingga batas garis yang tertera pada tabung test kit.

2.      Teteskan obat khusus

Jika tabung sudah terisi dengan air kolam, langkah selanjutnya adalah teteskan sebanyak 5 tetes Phenol Red untuk tabung pH dan teteskan sebanyak 5 tetes Orthotolidine untuk tabung Chlorine. Selanjutnya tutup kedua tabung dan kocok sebentar, kemudian lihatlah perubahan warna yang terjadi pada air kolam yang ada di dalam tabung.

3.      Cara membaca test kit kolam renang

Karena warna air kolam renang sudah berubah, maka langkah selanjutnya adalah cocokan pada indikator. Apabila pada tabung pH menunjukkan angka di kisaran 7,2 – 7,6 maka artinya kadar pH air dalam kondisi yang ideal.

Jika angka menunjukkan di atas 7,6; maka air dinyatakan dalam kondisi basa. Sedangkan jika pH berada di bawah 7,2; maka air dinyatakan asam. Sedangkan untuk indikator chlorine, apabila angka berada di kisaran 1,0 hingga 1,5 ppm artinya kadar chlorine berada di kondisi yang ideal.

Jika Kolam Renang Terlalu Asam atau Basa

Apabila air kolam renang terlalu asam maka dapat menimbulkan mata terasa pedas, membuat keramik akan mudah rusak dan lebih mudah tumbuh lumut, dan meningkatkan pemakaian chlorine.

Sedangkan air kolam renang yang terlalu basa bisa membuat kolam renang menjadi cepat keruh, mengurangi kemampuan chlorine sebagai desinfektan, dan dapat menimbulkan iritasi untuk perenang.

Jika Kandungan Chlorine Tidak Ideal

Setelah mengukur menggunakan test kit air kolam renang, jika kandungan chlorine tidak ideal maka dapat menyebabkan beberapa hal. Jika kekurangan chlorine maka bisa menyebabkan mudahnya tumbuh lumut dan bakteri di dalam air. Kemudian jika terlalu banyak chlorine maka bisa menyebabkan iritasi pada kulit, mata, dan juga hidung.

Itulah beberapa informasi yang bisa kami sampaikan mengenai cara menggunakan test kit kolam renang. Apabila ada yang ingin anda konsultasikan dapat menghubungi Raga Pool di  081230586662.

 

Temukan Jasa Perawatan Kolam Renang Raga Pool pada Google Maps:

 

Baca juga: Cara Menggunakan dan Membaca Alat Test Kit Kolam Renang dan Jasa Perbaikan dan Service Kolam Renang Bocor Tangerang