Anda Harus Tahu Peralatan Kolam Renang yang Wajib Dimiliki

Apabila anda ingin memiliki kolam renang di rumah, maka hal lain yang harus anda persiapkan adalah peralatan kolam renang. Dengan memiliki alat untuk kolam renang maka akan lebih memudahkan anda ketika ingin membersihkan kolam renang.

Oleh karena itu apabila anda ingin membersihkan kolam renang secara rutin, maka kami menyarankan supaya anda memiliki peralatan untuk membersihkan kolam renang. Berikut ini adalah beberapa peralatan untuk kolam renang yang wajib dimiliki:

 

Leaf Skimmer

1. Leaf Skimmer/Serokan Kolam Renang

Ketika membuat kolam renang maka tentu saja kita juga harus memikirkan bagaimana cara untuk membersihkan kolam renang. Ketika kolam renang anda berada di ruangan terbuka atau kolam renang outdoor, maka akan sangat mungkin kotoran seperti daun atau ranting jatuh tertiup angin. Dan apabila tidak diambil dapat menjadi penyebab air kolam renang menjadi kotor.

Oleh karena itu anda membutuhkan berbagai peralatan untuk membersihkan kolam renang. Salah satu peralatan kolam renang yang harus anda miliki untuk membersihkan kolam renang adalah leaf skimmer atau yang biasa kita kenal dengan serokan kolam renang.

Leaf skimmer atau serokan kolam renang ini berguna untuk mengambil sampah yang berukuran besar seperti misalnya daun dan ranting yang jatuh tertiup angin. Anda bisa membeli leaf skimmer atau serokan kolam renang berbahan plastik karena tahan terhadap chemical kolam renang.

Leaf skimmer digunakan untuk menyaring kotoran di bagian pinggir kolam renang. Namun untuk lebih memudahkan menjangkau di bagian tengah kolam renang, maka anda bisa menyambungkan leaf skimmer dengan alat bernama telescopic handle.

 

Sikat Kolam Renang

2. Pool Brush/Sikat Kolam Renang

Peralatan kolam renang kedua yang wajib untuk dimiliki yang kedua adalah pool brush atau sikat kolam renang. Pool brush atau sikat kolam renang ini berguna untuk menyikat bagian bibir kolam renang, dinding, dan juga lantai atau dasar kolam renang.

Kolam renang harus dibersihkan secara berkala sehingga air tidak keruh dan dasar kolam renang tidak menjadi licin. Karena lumut bisa tumbuh dengan mudah di dinding atau dasar kolam renang jika tidak dibersihkan tentu akan membuat air kolam renang menjadi keruh dan dapat merusak kolam renang secara perlahan.

Anda juga bisa menyambungkan sikat kolam renang dengan telescopic handle, sehingga akan lebih memudahkan anda untuk membersihkan kolam renang secara keseluruhan.

3. Telescopic Handle

Alat kolam renang ketiga yang tidak boleh ketinggalan untuk menunjang kemudahan dalam membersihkan kolam renang adalah telescopic handle. Alat ini berbentuk seperti tongkat dan bahan-bahannya dari aluminium.

Stick ini dapat anda sambungkan dengan alat untuk kolam renang yang lainnya seperti leaf skimmer/serokan kolam renang, sikat kolam renang, dan vacuum cleaner.

Kegunaan dari telescopic handle sendiri adalah untuk memperpanjang handle alat pembersih lainnya sehingga lebih memudahkan anda untuk menggunakannya.

Panjang tongkat telescopic handle sebelum diextend yaitu 2,5 meter. Sedangkan setelah di extend panjang totalnya bisa mencapai 4,8 meter hingga 7 meter.

 

Vacuum Head

4. Vacuum Head

Berikut, alat kolam renang yang keempat adalah vacuum head. Alat ini sangat penting untuk dimiliki apabila anda memiliki kolam renang. Berguna untuk menghisap kotoran di dasar kolam renang yang berupa endapan maupun kotoran kecil lainnya seperti misal debu-debu.

Kita memang tidak mungkin menyaring endapan dengan menggunakan leaf skimmer yang hanya khusus digunakan untuk menyaring kotoran besar saja. Vacuum head ini nantinya disambungkan dengan selang vacuum untuk kolam renang atau yang dikenal dengan vacuum hose.

 

Selang Kolam Renang

5. Vacuum Hose/Selang Kolam Renang

Peralatan kolam renang terakhir adalah vacuum hose atau selang kolam renang. Selang kolam renang ini berguna sebagai selang penghubung antara vacuum head dengan lubang vacuum dan pompa penyedot. Untuk ukuran vacuum hose memiliki diameter 4 inchi dan panjang 9, 12, dan 15 meter.

Apa yang Bisa Raga Pool Lakukan Untuk Anda?

Apabila anda ingin membeli alat kolam renang yang sudah kami sebutkan di atas, atau ingin berkonsultasi terkait dengan pembuatan atau perawatan kolam renang maka anda bisa menghubungi jasa dari Raga Pool di nomor berikut ini 081230586662. Banyak kelebihan yang ditawarkan oleh Raga Pool dan pastinya akan memudahkan serta menguntungkan anda sebagai klien.

Raga Pool merupakan jasa kontraktor kolam renang yang terpercaya, terjamin kualitasnya, dan juga menyediakan jasa renovasi dan perawatan kolam renang. Dengan tenaga yang profesional dan sudah berpengalaman di bidangnya.

Raga Pool akan mengerjakan semua proyek kolam renang anda tepat waktu dan bergaransi sehingga apabila anda merasa kurang puas dengan pengerjaan kami, maka kami siap untuk membenahinya untuk anda. Jangan ragu dan khawatir lagi, anda bisa berkonsultasi secara gratis dengan tim Raga Pool.

 

Temukan Jasa Perawatan Kolam Renang Raga Pool pada Google Maps:

 

Baca juga: Toko Jual Peralatan Kolam Renang Lengkap Murah dan Cara Menjernihkan Air Kolam Renang yang Keruh Pasca Renovasi